Mau Tahu Cara Tradisional Membuat Bacem?

Demo memasak bumbu bacem yang diperagakan oleh Sisca Soewitomo dalam peluncuran Bango Bumbu Bacem, Kamis (11/12).
Tertarik mencoba membuat bumbu bacem yang otentik alias dengan resep tradisional? Pengamat kuliner, Odilia Winneke, di sela acara peluncuran Bango Bumbu Bacem di Jakarta, Kamis (11/12), membagi triknya.

Menurut Odilia, secara tradisional, bahan bumbu bacem terdiri dari bawang merah, bawang putih, ketumbar, gula Jawa atau gula putih atau gula aren. Bahan lain berupa tahu, tempe, ayam, telur puyuh, atau burung dara

Cara membuat bacem secara tradisional adalah dengan menyangrai ketumbar terlebih dahulu. Setelah disangrai, sisihkan ketumbar.

Lanjutkan dengan menghaluskan bawang merah dan bawang putih. Setelah halus, campur semua bumbu dan tambahkan gula. Tumis bumbu yang sudah dicampur.

Kemudian, masukkan tahu, tempe, atau ayam. Tambahkan air dan kecap jika perlu. Masak bumbu bacem menggunakan api kecil, biarkan hingga bumbu meresap. Matikan kompor ketika air sudah hampir habis. Baru angkat bahan-bahan yang diungkep dengan bumbu bacem dan goreng.

Untuk jumlah bahan bumbu dan bahan utama bacem akan bergantung pada berapa banyak Anda membuatnya. Mudah bukan? Selamat mencoba. Resep Tempe Bacem

0 Response to "Mau Tahu Cara Tradisional Membuat Bacem?"

Post a Comment